Perawatan Gigi Untuk Penderita Penyakit Jantung

Perawatan Gigi Untuk Penderita Penyakit Jantung – sakit gigi merupakan suatu kondisi yang paling sering di alami orang-orang yang memiliki gigi berlubang. sakit gigi umumnya berasal dari gigi yang berlubang karena di dalam gigi yang berlubang terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang bersarang dan berkembangbiak.

Dua penyakit sistemik lain, diabetes mellitus dan masalah penggumpalan darah juga dapa disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gusi dan yang paling cepat terpengaruh adalah sisem kardiovaskuler. Hal terssebut karena bakteri berbahaya yang berada dalam tubuh melalui aliran darah.

sakit gigi

perawatan gigi untuk penderita penyakit jantung

Bayangkan ada sekitar 200 ribu bakteri yang menumpuk, terutama Porphyromonas Gingivalis dan streptococcus Samois. Bakteri itulah yang menyebabkan penyakit jantung terutama Porphyromonas gingivalis. Gusi berdarah, gusi bengkak, berwarna merah dan nyeri merupakan beberapa gejala penyakit infeksi akibat bakteri yang terkumpul di dalam karang gigi. Gingivitis (peradangan pada gusi) dan periodonitis (peradanga pada jaringan penyangga).

Saat gusi berdarah karena infeksi, darah yang keluar dapat membawa bakteri masuk ke aliran darah yang melalui jantung. Ada beberapa penyakit jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yakni penyakit jantung katup (endokarditis bakterialis), penyakit jantung koroner, dan penyakit selaput jantung (perikarditis). Sumber bakteri dapat berasal dari infeksi tenggorokan, penggunaan jarum suntik tidak steril pada pengguna narkoba, serta infeksi paru.

Endokarditis bakterialis timbul jika bakteri dalam aliran darah (bakteremia) tersangkut pada katup jantung abnormal atau kerusakan jaringan jantung lainnya. Beberapa prosedur pembedahan seperti operasi kandung kemih, pengangkatan tonsil (tonsilektomi) dan pembersihan gigi dapat mengakibatkan bakterimia.

Selain endokkarditis baterlialis, penyakit jantung lain yang berhubungan dengan penyakit periodontal adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang melibatkan pembuluh darah jantung (arteri koroner), dimana terjadi proses aterosklerosis pada pembuluh darah arteri koroner. Ateroklerosis adalah proses penimbunana lemak pada pembuluh darah yang mengakibatkan pembuluh darah arteri koroener tersumbat atau menyempit, sehingga aliran darah yang menuju otot jantung berkurang.

Perawatan Gigi Untuk Penderita Penyakit Jantung

Berikut Ini Merupakan Tips Perawatan Gigi Untuk Penderita Penyakit Jantung

1. Serangan jantung

Tunggu samapi 6 bulan setelah serangan jantung. Sebelum menjalani berbagai perawatan gigi. Informasikan kepada dokter gigi, apakah anda mengkonsumsi obat antikoagulan (pengencer darah). Obat tersebut dapat menyebbkan perdarahan saat dilakukan prosedut pembedahan mulut. tanyakan juga apakah tersedia oksigen dan nitrogliserin, bila seaktu-waktu terjadi kegawatan medis di pliklinik gigi.

10-penyebab-masalah-gigi-sensitif

perawatan gigi untuk penderita penyakit jantung

2. Angina

Penderita sakit dada (angina) dan mendapat terapi kalsium antagnis, kadang-kadang mengalami penebalan gusi. Beberapa kasus sampai memerlukan pembedahan gusi. Tanyakan uga apakah tersedia oksigen dan nitrogliserin, bila sewaktu-waktu terjadi kegawatan medis.

3. Gagal jantung

Beberapa obat gagal jantung, seperti diuretik dapat mengakibatkan mulut kering. Mintalah dokter gigi untuk memberikan perawatan atau terapi mengatasi mulut kering.

Selain perawatan gigi untuk penderita penyakit jantung, namun ternyata ada juga sakit gigi yang diakibatkan dari penyakit jantung dan stroke loh. Maka dari itu jangan mengabaikan kesehatan gigi dan mulut anda, karena bisa saja jenis penyakit lainpun akan menyerang kesehatan tubuh anda.

Bakteri yang awal mulanya berasal dari jaringan penyangga gigi pada akhirnya akan masuk ke dalam pembuluh darah serta dapat berjalan ke bagian seluruh organ vital sehingga akan menimbulkan infeksi. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan memperbesarnya resiko terkena penyakit jantung, meningkatkan wanita hamil untuk melahirkan bayi prematur, penyakit stroke, meningkatnya ancaman pasien penderita penyakit diabetes , penyakit saluran pernapasan dan juga osteoporosis

Penyakit yang Diakibatkan Sakit Gigi

Ada beberapa penyakit yang di akibatkan dari sakit gigi sehingga ada hubungannya dengan berbagai jenis penyakit tertentu. Lalu jenis penyakit apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Penyakit Diabetes

Mereka yang memiliki penyakit diabetes lebih cenderung mengalami penyakit periodontal di bandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki penyakit diabetes atau sehat. Hal ini kemungkinan karena mereka yang sedang menderita penyakit diabetes ini lebih rentan terhadap infeksi. Pada kasus ini penderita diabetes mengeluhkan tentang adanya penyakit periodontal, seperti sakit gigi, gusi berdarah dan bau mulut.

Penyakit Saluran Pernapasan

Sakit gigi atau infeksi yang terjadi di mulut dapat mengakibatkan penyakit saluran pernapasan apabila bakteri tersebut terhisap dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Bahkan bukan hanya itu saja, bakteri tersebut juga dapat berkembangbiak  dan pada akhirnya akan menyebar sampai ke paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menderita penyakit radang paru-paru lebih memicu untuk dapat menderita penyakit periodontal juga.

Jantung dan Stroke

ada beberapa penelitian mengatakan bahwa hubungan antara sakit ggigi atau penyakit di mulut dengan penyakit jantung, bakteri yang berasal dari mulut pada saat masuk ke pembuluh darah ia akan menempel pada bagian timbunan lemak di pembuluh arteri jantung sehingga akan mengakibatkan pembekuan. Karakteristik dari penyakit jantung koroner yaitu bagian pembuluh darah koroner jantung dapat disebabkan oleh timbunan lemak dan tentunya ini akan dapat menghambat aliran darah ke jantung, sehingga oksigen dan nutrisi yang harusnya dapat memenuhi kebutuhan jantung justru menjadi terhambat, dan hal itu yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.


=====================================

>>> Super Green Plus SG, Obat Sakit Gigi 1-9 Menit Sembuh Tanpa Efek Samping 100% Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Gigi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *